Jumat, 28 Mei 2010

Luv U Ichiko (my first novel)

Snow
Salju. Dari kecil aku selalu ingin merasakan butiran salju di tanganku. Merasakan bagaimana es putih lembut itu membuat dingin kulitku. Aku ingin merasakan hawa dingin keluar dari kedua hidungku dan ketika aku bicara, ada asap-asap yang keluar dari mulutku, seolah-olah aku adalah manusia yang biasa mengeluarkan asap dari mulut. Aku ingin merasakan bagaimana hidung yang membiru karena kedinginan. Aku sangat ingin memakai baju-baju tebal dan mengenakan shal di leher. Aku ingin membungkus kedua tanganku dengan sarung tangan. Ingin memakai topi dari bahan wol yang hangat. Itulah yang aku inginkan ketik pertama kali, saat usai 5 tahun, tepatnya ketika aku tonton video rekaman Om Gun waktu di Prancis. Jelas-jelas mereka membuat aku iri. Lalu aku buru-buru ke kamar. Mengemas pakaian buat ke Prancis. aku sudah rapi dengan pakaian yang super gede, tapi ketika kuajak ajah ke prancis, ayah malah ketawa. Aku tak mengerti. Apa ayah nggak mau ke prancis? Apa Ayah nggak mau merasakan ada asap yang keluar dari mulutnya saat lagi ngomong? Aku heran!!dan tiba-tiba aku merengek ingin ke prancis.
Aku benar-benar nggak tahu kalo Prancis jauh. Ku pikir cukup naik mobil dan sampai!! Tapi...ternyata nggak. Prancis jauh. Jauh banget. Gitu kata ayah, but...aku tetaplah anak kecil waktu itu, yang aku bisa cuma merengek manja sampai akhirnya bunda membuatkan aku coklat panas, my favourite drink. Aku segera menghapus ingus yang sempat meleleh dan berlari ke pelukan bunda.

^_^
Aku pasti nggak akan melupakan moment-momen keluguan seorang Runi waktu itu. Seorang Aruni sakura yang menginginkan tumpukan salju di depan rumahnya. Menginginkan musim salju padahal tinggal di daerah iklim tropis, Indonesia.
Bip!!Bip!! suara alaram hpku berbunyi. Tepat pukul 00.00. semua orang membunyikan terompet tahun baru tanpa dikomandoi. Langit Tokyo seperti lautan kembang api. Cantik dan meriah. Apalagi salju turun. Bener-benr tahun baru yang menyenangkan. Hari ini adalah hari pertamaku di tahun 2015. Ada perasaan yang bergejolak. Ada rindu yang menyeskkan dada. Ada sosok yang tak pernah luput dari memori otakku.
Semakin malam menara Tokyo semakin menunjukkan kecantikan dan keanggunannya. Semuanya berbagi keceriaan di tahun baru. Berbagi cinta dan kasih. Ngomong-ngomong tentang cinta…Cinta telah mengantarkan aku sampai ke Tokyo. Cinta telah menggeserkan Eiffell dan menggantikannya dengan menara Tokyo. Dan sekarang...apakah waktu akan menggeser cintaku. Menggeser bayangan Riyo yang lama bercokol di hatiku. Riyo..aku sangat merindukannya. Merinukan detik-detik perkelahin dengannya. Merindukan senyumnya yang kadng membutku diam-diam mencintainy. Merindukan semua yang ada pada Riyo.
Aku memandang langit Tokyo yang teramat menakjubkan oleh kembang api. Tokyo memang indah. Benar-benar indah... aku akan menghabiskan malam pergntian tahun di lantai tertinggi menara Tokyo. Menghadap ke jendela yang menampilkan pemandangan Tokyo di malam tahun baru. Banyaknya lampu-lampu jalan bagikan lautan kunang-kunang malam. Begitulah kata-kata Riyo yang kuingat lima tahun yang lalu. Lima tahun yang lalu...lima tahun yang lalu...
Winner!

“ Dan…juara umum I kelas XI jatuh pada..... Aruni Sakura!!!“ kata pak Samsul dengan nada setengah berteriak.
Aku berjalan keluar barisan upacara. Hari ini adalah hari kemenanganku yang spesial. Hari yang bener-bener membuktikn kalau seorang Aruni bisa jadi juaram umum lagi. Ayah...aku pasti bisa memenngkan taruhan ayah dan kan mendapatkan beasiswa ke Prancis. Satu tahun lagi..satu tahun lagi aku akan ke Prancis..eiffel, I’m comming!!! Batinku smbil berjalan ke podium upacara.
“beri tepuk tangan yang meriah atas prestasi Aruni sakura!!“ kata Pak Samsul antusias. Tak lama Pak kepala sekolah memeberikan piagan dn tropi juar umum padaku disusul ucapn selamat dari guru yang masing-masing mengembangkan senyumnya. Aku merasa untuk beberapa saart, sekitar 380 pasang mata tertuju ke arahku. Mendapatkan prestasi belajar emang sebuah kebanggaan tersendiri bagiku. I love it so much...
“ selamat ya, Run”..kata Fili setibaku di barisan kelas.
“thanks ya, Fil.“ Aku membalasnya dengan senyum yang mengembang.
“selamat ya, Runi. Lo emang jagonya sekolah. Smart girl“ ujar Adnan yang membuat napsaku kempang kempis saat dia menyalami tanganku.
Adnan berlalu meninggalkan ku yang nyaris pingsan karenanya. Dialah Adnan, cowok yang membuat adrenalinku mengalir lebih cepat, membuat urat saraf sensoris menyampikan ke efektor kalau aku mulai suka padanya
“run? Runi? Hallo?“
„i..iya, Fil? What’s wrong?“
“ye…harusnya gue yang nanya, what wrong with u, Runi?” kata fili smbil ngemut lollipop strowberry.
“udah ah..mending kita masuk kelas.!”kataku mayun dan Fili mengiringiku kesal.
Hari ini hari pertamaku di sekolah. Setelah libur panjang, sekarang aku masuk lagi. Masuk ke kehidupan sekolah yang warna-warni. Apalagi ada murid baru yang lagunya mulai bertingkah. Dasar!!
„kenapa Run. Kok sewot?“
„sapa yang sewot. Gue Cuma heran aja, murid-murid baru sekarang oada belagu.“ kataku sambil menatap ke arah ruang Osis.
“em…gue tahu. Pasti lo sedng meratiin Adnan kan? Hayo ngaku?”
Aku balik ke bangjku. Meninggalkan fili yang masih berdiri di koridor kelas. Kenapa juga aku mesti sewot? Mungkin murid-murid baru itu dapaet tugas dari kakak tingkat. Sma kayak aku dan adnan dulu. Adnan kayaknya hanya menganggap aku temen. Just friend. Hubungan yang bener-bener menyakitkn bagi cewek yng teramat mengagumi adnan. Kenyataan yang mestinya harus kuakui dari dulu. Apa cerita suksesku Cuma ada di peljaran doang? Huh…Aruni! wake up!!
“run…lo kenal Onal nggak? Anak Band sekolah. Onal si vokalis itu.”
Aku mengangguk. Ku lihat ada perubahan dengan rona wajh Fili…atau jngn-jangan.
“lo suka sama Onal?”
“kok..lo tahu si, Run!” katanya sewot tapi pipinya udah kayak lopster rebus.
“fili..lo nggak bisa boong. Kita udh lama sahabatan. Gue udah paham karakteristik lo suka sama cowok. Tanda-tandanya gue udah paham.“
“kita udah jadian!!“ ktanya malu-malu.
“jadian? Kapan? Kok lo nggak pernah cerita? Ciye-ciye yang lagi kasmaran. Sama vokalis , rock stra!! “
„“bisa aja lo, Run. Gue jadian pas ada champing di puncak. Yang waktu itu lo batal ikut. Makanya gue baru cerita sekarang. Onal membak gue pas acara api unggun. Dia nembak gue, run. Dia nembak gue!!”
“bahaya dong. Ntar lo mati. Ditembakkin sama onal. Dor!Dor! hehe…”
“ih…bukan gitu!gimana sih..dia nembak gue pake lagu..rumantis kan. Lagunya Slank..pandangan pertama!! Cob kalo lo ikut waktu itu, pasti lo ngiri deh!”
Bener kata Fili, coba waktu itu aku ikut. Seenggaknya aku bisa lebih deket sama Adnan. Tapi.. Bunda bilng ini itu.. dditambah lagi, katanya ada tamu. Buktinya, tuh tamu nggak datenga-dateng sampe sekarang. Tamu apaan tuh! nggak on time.. gara-gara dia, rencanaku ikut Champing gatot!!
Tiba-tiba soundtrack princess hour berbunyi.
Kulihat bunda calling…
“ya, bungda?”
“Runi, kalau sekolahnya selesai cepet pulang ya. Jangan kemana-mana..oke!”
Tut..tut…
Uh..always like that!!
“tnte Fika ya?”
“iya nih..Bunda ngingatin buat cepet pulang. Gimana gue dapet pangeran kalo abis sekolah langsung pulang ke rumah.”
“loh? Emang lo pingin puny pangeran?”
“iya, dong Fil. Gue sama kayak loe. Masih suka sama yang naamnya cowok.apalagi yang inisail A. paham ente?
“ o…gitu..kirain dah nggak doyan cowok.hehe. inisia A? siapa, Run?”
“pikir ndiri!”

^_^

Uh…capek banget!! Panas-panas jalan ke komplek. Ini semua gara-gara Ayah sama bunda!! Masak nggak dibolehin bawa mobil. Aneh-aneh aja deh!! Dan udah seminggu aku mesti jalan kaki dari depan komplek ke rumah. Coba istrinya mang Robin nggak ngelhirin..loh..loh..kok aku malah nyalahin mang Robin?
Aku menaiki anak tyangga dan menuju ke kamar. Ku pandangi poster gede bergambar eiffel. Satu taon lagi aku pasti ke sana! Ya...ku pasti ke Eiffel. Candle light dinnaer sambil mandang Eiffel. Bener-bener romantis.
Kurebahkan badanku ke spring bed. Dan perlahan kelopak mataku tertutup.
Satu per satu salju turun dari langit. udara yang dingin telah menusuk-nusuk tulangku. Tanganku mulai susah digerakkan karena beku. Gaun selembut kapas dan seputih salju kukenakan. Bener-benar cantik. Tapi...aku mulai kaku...dingin..dan bibirku gemetaran. Tiba-tiba...seseorang meragngkulku dan kumasuk dalam pelukan yang hangat. Pelukan yang kini membuatku lebih hangat seperti aku sedang memakai mantel tebal. Dan bibir tipis itu mengecup bibirku.
Tok..tok..tok...
Terdengar suara ketokan pintu. Aku terbangun.
„runi!!runi kamu di dalam?“
„i..iya bunda. Runi di dalam“?
Segera kubuka pintu dan wajah panik bunda mulai terpasang.
“runi...kamu belum ganti baju? Baru pulang. Duh...cepet ganti baju dan makan. Oke“
“iya..bunda“
Aku merapikan rambutku di depan meja rias.
Mimpi itu lagi. Batinku.
Aku mengambil hp di tas.
“lagi? Seru filli dari hanphone.
„iya, fil. Trus gue mesti gimana dong?“
“Tanya aja sama Issac Newton, Phytagoras, atao galeleo..hehe”
“gue serius Fill. Tadi cowok itu…nyium gue..”
“what? Nyium? Kiss to kiss? Lo inget mukanya?”
“nggak!”
“em…udah dech. Kita liat aja kelanjutannya. Atau..jangn-jangan lo bakal merid pas kita tmat.”
“hus…sembarangan!! Doain yang baik kek! Celutukku.
“sorri dech…oiyah…”
Sedikitpun tak terdengar suara filli.
“hallo? Hallo, fil?
Duh…hpku low bat lagi!!
Segera kututup pembicaraan dengan Filli. Whateverlah, lagian pasti filli bakal ngeledekin abis-abusan tentang mimpiku akhir-akhir ini. Pastinya sobatku itu bakal cekikikan sampai napasnya bengek. Sebenarnya aneh juga sih..sepuluh hari berturu-turut mimpi gue sama mulu! Dengan seseorang yang datang tiba-tiba padaku. Aku yang pake gaun. Banyak orang kayak lagi party, dan aku kayak lagi make gaun pengantin? Gaun pengantin? Bener! Itu yang aku alamin selama 10 hari berturut-turut.

BELUM BERJUDUL

Cinta itu butuh proses, Nad…kata-kata Kak Dani selalu terngiang di telingaku. Kalo cinta itu butuh proses, berarti cinta sudah berlaku tak adil padaku!! Ya…karena untuk mendapatkan sebuah proses butuh kesempatan..dan aku tak mendapatkan kesempatan itu. Tapi..tunggu, diralat…bukan ‘tak’ tapi aku ‘belum’ mendapatkan kesempatan itu. Setidaknya sampai detik ini. Apa aku harus membuat sendiri kesempatan? Entahlah..
“woi!! Pagi-bagi bengong di depan pintu!!” seru kak dani dari tempat Kost yang tak jauh dari Kost-an ku.
Aku mayun. Sedikit merapikan pakaianku dan bergegas mengunci pintu.
“kak Dani...mungkin kak Dani bener.“
“maksud kamu?“
“Ya...kak dani bener kalo cinta itu butuh proses. Tapi…itu berarti cinta kejam. Cinta itu sombong“
“loh…kok lo jadi sentimental gini, Nad. Kenapa? tell me dong!
“jadi gini, kak…”
“eh…bentar-bentar!!serobot kak dani memotong pembicaraanku.
Uh..dasar nggak sopan!! Ninggalin orang yang lagi ngomong! Aku berjalan keluar lorong kost an. Hari ini rencananya aku bakal rapat dengan Edo. Edo Fandinata. Pimpinan redaksi majalah kampus. kCowok yang entah kenapa membuat jantungku berdegub kencang ketika pertama kali melihatnya. Membuat peredaran darahku seolah mengalir dua kali lipat. Tapi...kenapa kesempatan buat deket dengan Edo nggak dateng-dateng. Aku berharap hari ini, presentasi film dokumenter sukses!!
Tin!! Tin!!
Suara motor Kak dani mengagetkanku.
“mo nebeng nggak??“ tanya kak dani ditambah senyum khasnya.
“nggak!!makasih!!“
“loh..kok jadi jutek gini!tadi sentimentil, sekarang jutek!!!lo cewek bukan sih, Nad“
“duh...brisik!! sekali nggak ya enggak!!“
“yaudah...kakak berangkat dulu yaw..dada bye-bye.“
@@@
Ruang rapat redaksi masih terkunci. Baru aku satu-satunya yang datang. Mungkin aku terlalu bersemangan buat menampilkan yang terbaik untuk edo. Aku ingin dunia tahu kalo aku bisa mendapatkan kesempatan. Kesempatan but dekat dengan pangeran yang selau membuat aku salah tingkah di depannya. Aku harus kendalikan emosiku. Aku harus fokus saat presentasi nanti.
Aku mengarahkan pandanganku ke luar ruangan. Motor King warna biru itu sudah terparkir. Itu artinya, my prince udah dating.
“hai…kamu?”
“ nadia, gue nadia, Do?”
“iya, lo nadia. Hai nad…oya, gue setuju banget kalo redaksi majalah kita bikin film documenter kampus. Gue super duper setuju.” Katanya dengan senyum yang bener-bener buat aku jatuh cinta. Tak lama, edo membuka pintu ruang rapat redaksi.
“nad...sebelumnya sori banget soalnya tmen-temen nggak bisa ikut rapat presentasi. Nggak apa-apa kan?“
„“em...it’s oke, Do. Nggak apa-apa. Ini konsep yang gue rancang.” Aku menyodorkan beberapa paper planning film documenter.
“great!! Lo emang cerdas. Smart girl!! Dan gue percayain lo yang jadi sutradara. Gimana?”
Oh my god!! Gue sutradara!! Dan itu artinya kesempatan gue sama edo akan datang. Cinta…I’m coming.
“nad..nadya? hallo? Lo ngelamun?”
“ng..nggak, Do. Gue Cuma lagi mikirin rencana sytting!” kataku yang sebenaernya boong.
“ yaudah.. gue belom sarapan tadi. Gue mau sarapan dulu. Lo ada kelas pagi ini?”
“nggak.gue masuk ntar siang”
“yaudah…mending lo ikut gue sarapan. Sekalian traktir karena lo udh bikini de keren tentang film.”
Aku nggak nyangka..ternyata otakku yang tadinya Cuma buat hal-hal formal sekarang berkembang ke arah hal-hal kreatif sesuai majalah. Ya...tentunya ini butuh proses buat ngonsep otakku ini jadi lebih anak muda. Ternya teori sebab akibat bener, jika kita berusaha kita akan dapatkan hasilnya. Siapa yang menanam, dia akan memetik buah. Aku pun begitu. Thanks god!!
Kunikmati sarapan nasi goreng chiken wings kesukaanku. Ternyata selera kami sama, aku dan edoi sama-sama suka nasi goreng chiken wings. Dan bagi seorang cewek sepertiku..ini adalah moment yang nggak terlupakan seumur hidup. Kau bisa bayangkan gimana rasanya jika perasaan yang tadinya sepihk kini mulai tumbuh. Dan itu yang kurasakan sekarang. I’m fall in love.
@@@

Tok..tok..tok...
Kudengar ada yang mengetok pintu. Siapa ya? Ah..paling kak dani.
dan bener..
“hai, nad...“
“hai, kak. Oiya...aku ada cerita nich...“
“eit…ntar dulu, nad. Kita ceritanya di warung sate aja ya.”
“nggak ah…aku lagi bokek.” Kataku sambil menutup pintu.
“tunggu Nad…Kakak yang traktir.” Seru kak dani dari luar.
Aku segera mengambil jaketku. Malam ini tumben-tumbenan kak dani traktir makan. Biasanya juga di minta masakin mie. Uh..dasar!! tapi nggk pa-pa deh...sekalian aku mo cerita sama kak dani tentang tadi pagi.
„“kak...bawa motornya lambet banget. Kayak cewek baru belajar naek motor.“ protesku di belkang kak dani.
„“yaudah..nih..kakak nguebut.“ Seketika kak dani menambah kecepatan dan wooowww....
Aku paling seneng makan seate. Apalagi sate ayam. It’s my favourite food!!
“loh…kok kak dani nggak makan.” Kataku setelah menghabiskan lima tusuk sate.
“kakak nggak suka sate. Kamu lupa ya.“
“aku lupa kak..abisnya kak Dani itu nggak terkenal, jadi nggak penting-penting amat.“
“uh..dsar klamu nad. Udah ditraktiris masih aja ngeledek. Dasar parasit. Mau ditraktirin..mu dianterin...“ ledek Kak dani sambil nyanyi ala gita gutawa.
Selesai makan, kami langsung ninggalin warung sate.
Kak dani payah. Masak cuma nungguin aku doang. Itumah bukan makan-makan, tapi makan sambil ditunggyuin. Emang aku anak kecil. Coba kalo malem ini jlan ke TK deket kost. Kan enak maen prosotan. Trus ngidupin kembang api kayak childhood.
“mo kemana, kak?” kataku saat ka dani membelokkan motornya ke pertigaan.
Aku tersenyum. Perasaan tadi aku ngomong dalam hari. Tapi..kenapa kak dani bisa tahu kalo aku mau ke TK.
“anak TK. Udah sampe. Anak TK mau maen prosotan kan“ ledeknya sambil mematikan mesin motor.
Tanpa disuruh kak Dani pun, aku sudah ngacir duluan di prosotan dan seperti biasa aku memandang bintang-bintang kecil yang jumlahnya ribuah di langit malam.
“oya, kak...ternyata apa yang Kak dani bilang dulu bener. Cinta itu butuh proses. Sekarang pun gitu. Aku harus mencipatakan kesempatan untuk deket5 denagn Edo. Hari ini kesempatan itu datang. I ‚m happy so much...“
“bagus dong!berarti kuping kak dani bisa normal lagi. Nggak akan denger curhatan kamu yang aneh itu.

O...

Jika ada yang bertanya tentang siapa yang percaya teori sebab akibat!! Maka akulah jawabannya. Aku, seorang Marela Antika Aku sangat percaya tentang itu karena menurutku itu simpel dan superduper masuk akal. Ya, jika ingin juara, rajinlah belajar. Jika ingin kaya, rajinlah bekerja. Simple. hal itu yang membuatku betah dengan teori sebab akibat. aku percaya bahwa jika kita menamam benih, kita akan menuai buah. Ya..aku yakin itu. Barang siapa yang berusaha, ia akan mendapatkan! Itulah sepotong kjalimat yang pernah kubac dalah ikhtisar materi pendidikan agama.
Sedikit pun tak terbayangkan bagiku dapat sekolah di sebuah sekolah unggulan. Di sinilah aku tumbuh menjadi manusia yng kompetitip. Tidak pernah meremehkan kesempatan kecil da sellu berupaya menjadi yamg terbauik. Mulanya keinginanku untuk sekolah disini hanyalah sekedar ikut-ikutan teman smpku yang beruang. Ku jalani prosedur penerimasaan siswa baru layaknya yang lain. Ikut tes, mengerjakan soal yang berbau aljabar, logazrisma, dan tidak ketinggalan soal-soal kalkulus yang mejelimet. Tes bahasa inggris pun sepertinya tidak mau kalah saingan. Khusu tes bahasa inggris kami mengdengarkan speaker yang benmar-benar speaker. Jujur, belum pernah aku mendengarkan lugat bahasa inggris sehalus dan sesopan orng yang berambut pirang itu.
Kenytaan yang harus kuterima ketika itu, ubakku melarang keras aku ikut tes.
“sudahlah, El. Kitoni tak naro duit. Jangan banyak kendak. Pening kepalo mikerkenyo!!“ kata ubak saat kuutarakan niatku ikut tes.
Aku terdiam. Kuperhatikan ubak waktu itu. Matanya layo dan berat. Brewoknya yang dulu selalu dicukur kini dibiarkan subur. Mungkin iniu karena koceknya tak cukup lagi untuk beli pisau cukur. Aku beranjak ke buri. Kutinggalkan Ubak yang masih guling-gulingan di bawah rumah. Ku naiki anak tangga-anak tangga dari kayu gelam. Ya, rumah kami rumah panggung. Jadi, kalau air rawa pasang alias musim hujan, kami tidak kebanjiran. Kami tidak perlu mengangkut barang-barang kami seperti yang dilakukan orang-orang jakarta. Toh, memang tak ada barang yang bisa dibawa.
Aku ke buri, sebuatan untuk bagian rumah yang berfungsi sebagai dapur. Kulihat ibuku sedang mencuci ikan gabus.
“mak, besok aku milu tes.“
Ibuku berhenti sejenak. Di lepaskannya nampan berisi ikan gabus yang sudah putih karena dikuliti.
“oyo, lajulah. Tapi berapo duitnyo?kagi aku pinjamkan di wak tema“
“tak usah, mak. Kato Pak Bahtera, aku tak ush mayar. Gratis!!” kataku tersenyum.
Senyum ibu kini ikut mengembang bersamaku. Aku yakin, di dunia ini masih ada orang baik. Dan yang terbaik adalah ibuku. Dialah yang bisa dijadikan tempat bertukar pikiran. Dialah yang pertamakali mengenalkanku huruf-huruf dan angka, bahkan aku lebih suka kalau belajar di rumah ketimbang di ajar oleh Bu Masturo yang bisanya hany “ini budi. Ini ibu budi“.
Besoknya, pagi-pagi sekali aku menyiapkan baju seragam smp. Setelah ibuku masak, aku mulai menaroh setrika besi di atas open minyak tanah. Yah, meski kami hidup di abad 21, semua peralatyan yang ada di rumah adalah barang-barang antik. Lampu minyak tanah, setrika besi, kompor minyak tanah. Anti bukan? Dan ini kami lakukan semenjak pindah dari rumah kami yang lama. Di rumah ini, tepatnya di ujung desa Meranjat. Kami memulai kehidupan tanpa hal-hal yang berbau listrik.
Pagi itu, aku masih sibuj menyetrikan. Menggosok helai demi helai seragai smp agar enak dilihat. Dari buri, terdengar suara seseorang memanggil namaku. Belum sempat aku menyahut, si yang punya suara tiba-tiba muncul.
“Ella?“ seru Topan.
Aku kajet. Kanapa Topan bisa ada di sini? Batinku. Aku mulai mengecilkan api kompor. Kulihat Topan begong. Matanya mengarah pada tanganku yang liahi memainkan setrika besi. Tadinya aku malu dengan barang antic yang sedang ku pegang. Tapi…apa boleh buat. Toh semua teman-teman di kelasku juga akan tahu kalau di rumahku tak ada listrik. Aku belajar ahnya dengan lamput minyak tanah.
Singhkat cerita, akhirnya aku menjadi bagian dari sekolah ungulan. Sekolah yang berebut anak-anak pejabat ingin memasukinya. Tapi…bukan dunia namanya kalau tanpa uang. Ya, ujung-ujungnya pasti duit. Daftar ulang, cuci foto, bolak-balik nyerakahkan formulir, perlengkapan ini-itu, semua membutuhkan uang. Hal ini yang membuat aku hampir menyerah dan semangatku kendor. Tapi umak!! Umakku!! Dia berusaha mencarikan uang. Berusaha agar anaknya ini dapat menjadi unggul seperti apa yang dilabelkan pada sekolahku. Umak…kau adalah wanita yang teramat aku cintai.
Sekarang adalah akhir dari studiku. Tiga bulan lagi aku akan meninggalkan seragam putih abu-abu. Meninggalkan masa-masa SMA yang nano-nano.
“jangan ngelamun, El“. Seru Bagas. Tiba-tiba.
“aku nggak ngelamun. Aku hanya...memandangan bintang. Apa nlangit di belahan dunia itu sama? Bagaimana langit-langit di Prancis, di Tokyo, di Sorbonne? Aku ingin tahu, Gas.“
Bagas tersenyum. Dia ikut duduk bersamaku di pagar sekolah. Ya, kami. Ku dan bagas sering memandang bintang di malam hari setelah makan malam di dapur umum. Ini adalah moment yang aku senangi. Kadang kami bertiga, aku, bagas, juga Ratih. Kadang ku dan Bagas. Kadang-kadang juga aku sendirian.
“what do you think about tonight?“
“ as usually…nothing happen. I’m still in Indonesia. But I believed, next time I’ll look the sky in Eiffel.”
“wow…that’s cool. Bye the way, how you can go there?”
“by knowledge!!” kataku tersenyum
“smart girl!!” bagas balas tersenyum.
Aku masih memandang langit malam. Kehidupan asrama pastinya akan menjadi sejarah yang takkan pernah terhapuskan.
“may I know something, Ela?”
“ yeah, about what?”
“ how about someone that you love. Come on, tell me and I’ll help you to find it.”
“look at me, bagas. I don’t have many time for dating. And I afraid if there is someone who love me so much, I can’t give my love so much, too.”
“and remember, bagas…don’t find love…”
“let’s love find you, that’s why it’s called fall in love” sambung bagas.
Bagas tersenyum. Kurasakan gerakan angin malam yang menerpa wajahku.
“hello? Any question, Mr. Bagas Radika?“ kataku bergurau.
“no, princess!!” katanya tersenyum.
“ayo balik ke ruang kelas, El. Entar ada penampakan lagi. Kabarnya di asrama banyak penampakan. Hihi….” Saran bagas dan kini dai berjalan duluan di depanku.
***
“come on, princess!! Time is over!!“
“duh…bentar!!”
“ya ampun…lelet banget sih!! Kata bagas sambil melirik jam tangannya.
“Yaudh duluan aja!!” kataku sambil memakai sepatu. Dasar tidak kenal basa basi!! sbagas itu benar-benar pergi duluan! Dasar nggak solid!
Aku berjlan dari asrama ke dapur umum. Sbenarnya ini sudah telat!! Tyidak keburu ikut apel pagi. Tapi, apa mu dikata, perut keroncongan jug nggak baik. Ya khan?
“pagi, kak .“ Sapa Aldo, adik kelasku yang satu asrama sama Noval.
Hah, Noval? Jangan-jangan....
Aku menoleh ke arag ujam sembilan. Tepat di salah-satu meja makan, Noval lagi sarapan
Kendalikan ekspresi wajahmu, Ela. Biasa aja, batinku.
Setelah mengambil makanan, aku mencari kursi untuk duduk. Semua penuh. Beberapa kursi memang ada yang kosong, tapi itu mengarh ke lapangan sekolh...bisa-bisa langsung ketahuan pak Anton!! Gimana ya?
Dari kaca jendela dapur umum, sosok pak anton benmr-benar muncul. Biasanya dia merazia murid-murid yng tidak apel pagi. Gawat, belum sempat makan malah dirazia. Mau taroh di mana mukaku. Seorang ela, siswa berprestasi tingkat propinsi masuk buku catatan sekolah!!noi way!! Tak ada dalam kamus seorang Marela Antika!!!
“kak…cepat pindah!!“ kata Noval tiba-tiba dan membawa nampan sarapanku.
Aku mengikuti jejak novel. Lri dri incaran pak anton yang merazia di dapur umum. Noval mengarah ke rumah pak Mukti, penjaga sekolah yang ramah.
“val, katahuan nggak?”Tanya aldo saat kami datang.
“nggak untung aja!!”
“woi…pak anton, cuy!!” aldo menunduk.
Seketika tangan noval meraih kepalaku dan aku menunduk bersamanya. Tiba-tiba kurasakan peredaran drahku yang mulai tak teratur. Aku kini berad edalam rangkuhnanya. Kmi begitu dekt. Aku dan Noval. Kurasakan adrenalinku beredr begitu cepat. Jantungku yang norrmal kini menambah kecepatannya tanpa kukomandoi.
“pak anton sudah oergi, cuy!!kata aldo smbil mengintif.
Kami kembali berdiri dan duduk di kursi belakang.
“maaf ya, kak Ela!“
Aku terdiam. Ini adalh kebetulan terhebat yng pernah terjadi dalam hidupku. Dan ini bukanlah sekedar mimpi. Ini fakta.
Cowok di depanku ini adalah Noval Syah Reza.entah bagaimana prosesnya, aku kini benar-benar mengagiminya.bayangkan, apa yang akn anda lakukan jika seseorang mampir di mimpimu selama sepuluh kali berturut-turut? Padahal orang itu tidak kau kenal sebelumnya? Dan itulah yng terjadi padaku. Aku mengenal Noval dari mimpi. Mimpi yang kenapa harus terjadi padaku. Mimpi yang bukan ditujukan untuk gadis lain. Mimpi yang membuatku benar-benar mengaguminy. Benar-benra menginginkan kedektn sperti yang terjadi di mimpiku. Aku mengenalnya, tapi itu dalam mimpi. Karena di kehidupan nyata, dia adalah adik kelsku, bukan pangeran berkuda putih!!

MOZAIK-MOZAIK YANG BELUM TERSUSUN

Bab 1

Ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dijawab dengan logika. Misalnya cinta. Bagiku atau bagi sebagian orang di dunia ini, cinta seolah suatu perkara yang tak berujung hingga akhirnya banyak pujangga yang merasa bingung akan kata yang entah kapan munculnya. Dan sekarang...aku akan menjadi bagian dari kisah cintaku sendiri. Ah..tidak, tepatnya kisah cinta dan cita-cita karena aku meraih keduanya dan berusaha menggenggam keduanya secara bersama-sama.
Aku terlahir sebagai sosok yang berusaha menggapai cita-cita. Cita-cita. Kata yang sepertinya lekat betul ditempurung otakku. Dan terkadang cukup satu kali enter untuk memunculkannya secara otomatis di ingatanku. Tuhan, ini anugerah atau musibah? Entahlah. Tapi satu hal yang aku tahu, aku hidup untuk kehidupan yang lebih baik.
Aku yakin, tak ada satu pun makhluk di dunia ini yang bangga dengan kemiskinan, yang betah dengan kekurangan, yang menikmati krisis demi krisis. Kalau pun ada, toh pasti ia adalah sosok yang telah bosan dengan harta berkarung-karung, emas berpeti-peti,juga baju yang bejibun di dalam lemari. Lalu... menginginkan ketenangan setelah ketenaran yang ia miliki terlalu cukup. Yah...seperti kebanyakan yang diangkat menjadi sinopsis cerpen, novel, bahkan film layar lebar. Entahlah...satu yang aku tahu, tak ada yang betah dengan kemelaratan.
Begitu pun diriku. Tak banyak yang tahu kalau sedari umur 6 tahun, aku telah memiliki satu ambisi, yaitu menjadi orang kaya. Terdengar ambisius dan lebai. Tapi aku tak peduli. Kalau pada kenyataannya memang demikian, ya begitulah aku. Sejak aku tak punya mainan untuk bermain, sejak aku tak punya bacaan untuk dibaca, sejak aku tak punya pakaian untuk dipakai, sejak aku tak punya rumah untuk berteduh. Aku berjanji untuk bermain-main dengan roda kehidupan. Bila perlu aku sendiri yang akan memutarnya. Pikirku lancang kala itu.
Ah...tapi ambisi tinggallah ambisi. Seolah ban sepeda yang bocor, begitulah semangatku kian hari kian tak berisi. Rupanya peru t telah menelan pikiran bocah kecil kelas 4 SD. Dari sini aku paham, kita hidup juga perlu makan. Maka aku seolah melupakan ambisi yang entah kapan menjadi aksi.
Setiap hari aku berharap ada keluarga yang tak punya anak yang mau mengadopsiku. Aku ingin seperti Melin yang kini semakin diperhatikan papa dan mama barunya. Aku ingin seperti Dito yang kini tampangnya putih bersih karena diurus. Aku juga tak menolak menjadi Ratih yang diadosi pengusaha sukses di Jakarta. tapi...nasib ya nasib. Begitu orang dangdut bilang, aku tetaplah menjadi Kiki. Ya, Kiki tanpa embel-embel apapun.
“Sedang apa kamu, Ki?” tanya Bu Laras tiba-tiba.
Segera kututup buku tulis berkover batik coklat.
“lagi iseng, bu.” Jawabku bohong.
“em...iseng apa iseng. Kamu kok dar tadi khusuk banget. Lagi nulis apa hayo????”
“beneran, Buk. Saya nggak nulis apa-apa. Cuma iseng doang.” Kataku membalas guyonannya.
“serius juga nggak apa-apa toh, Ki. Yowes, kamu dipanggil Bu Ratna. Katanya penting.”
“oh,ya. Makasih buk. Bentar lagi saya ke sana.”
Bu laras, wanita tambun itu meninggalkanku sambil menuju ke daputr umum.
Lekas kutinggalkan pohon beringin tua, tempat aku biasa menuliskan semua yang ada di benakku.
Ruang kantor panti tampak sepi. Tak kudapati bayangan Bu Ratna. Hanya ada selembar surat edaran di meja beliau. Surat dari sekolahku. Dari warnanya, aku paham, itu adalah surat edaran dar kepala sekolah bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Ah, sudahlah....aku tak ingin membebani Bu Ratna dengan membiayaiku. Tidak. Terlalu lancang bagiku untuk meminta beliau membiayai kuliahku. Ini mungkin yang dinamakan ‘belum rejeki’.
“ki...” suara Bu ratna terdengar dari belakang.
Wanita bersahaja tu kini tersenyum padaku.
“ bagaimana? Kamu mau kuliah?”
Aku menggeleng.
“kenapa, Ki?”
“kalau masalahnya biaya, itu tak jadi masalah karena kepala sekolah kamu sudah bicara langsung dengan ibu bahwa kamu dapat beasiswa penuh. Bagaimana?” lanjut Bu ratna.
Aku tetap menggeleng.
“lantas?”
“ sebenarnya...saya ingin bekerja dulu, Bu.”
“kerja apa, ki?” kata bu ratna lembut.
“ apa aja, Bu. Yang penting saya nggak bisa bantu keuangan panti.”
Bu ratna tersenyum.
“ibu sengaja menyiapkan ini semua untukmu, Ki. Karena ibu yakin, kamu bisa.” Ucap bu Ratna sambil memegang bahuku.
“jangan bohongi dirimu sendiri,Ki. Ibu tahu, kamu masih punya cita-cita kan? Jadi, ibu harap, pikirkan masa depan kamu, ki.” Lanjut bu ratna dan meninggalkanku dengan selembar berwarna biru muda.
***
Sampai sore ini, aku belum juga memutuskan untuk mengambil beasiswa itu atau tidak. Ah, Jakarta. terlalu jauh dan kedengaran terlalu wah bagiku. Tapi, bagaimana dengan harapan Bu Ratna, harapan panti, juga kelanjutan pendidikan adik-adik jika aku kuliah?
“ Melamun terus.” Seru seseorang dibelakangku.
Aku tersadar. Kupikir hanya aku yang mengunjungi tepi pantai sore ini. Tapi, aku lupa, Rudi juga saban sore mencari karang di pesisir. Aku hanya tersenyum kecut. Sementara, dua meter dari batu tempatku berdiri, Rudi sudah bermandikan keringat yang bercampur asinnya air laut. Kupandangi sejenak teman sekelasku yang satu ini. Nama lengkapnya Tengku Rudi Putra Bengawan. Nama yang gagah untuk remaja laki-laki yang kulitnya gosong tersengat matahari. Tadinya, aku tak begitu dekat dengan bujang pesisir ini. Namun, nasib yang sama-sama wong cilik di sekolah paling elit membuat ikatan pertemanan dan persaudaraan di antara kami terjalin dengan sendirinya. Mungkin ini yang dinamakan spontan responsibility. Aku mendapati istilah itu di buku sosiologi umum saat ke perpustakaan bersama Rudi.
Sebagaimana eratnya jaring ikan yang ia rajut sendiri, begitulah gambaran rasa solidaritas Rudi terhadap keluarga pamannya. Diulang, keluarga pamannya. Ya, Rudi memang tinggal dengan pamannya karena sama sepertiku, Rudi pun adalah seorang yatim piatu. Yatim saat ayahnya di tembak GAM dan piatu saat Tsunami Melanda Aceh 10 tahun silam. Semuanya dengan lancar ia ceritakan padaku. Walaupun aku setengah menanggapinya, setengah tidak.
“kiki!!” serunya melambaikan tangan. Tampak ada sesuatu yang ingin dia tunjukkan.
“ada apa, Rud?”tanyaku sedikit penasaran.
Tanpa banyak bicara, ia berjalan mengelilingiku.
“unik kan?” tanyanya saat menunjukkan gelang dari karang-karang kecil.
“lumayan.” Jawabku singkat.
“ambillah.” Ujarnya lalu kembali sibuk dengan jaring ikan di tengah pantai.
Aku hanya tersenyum. Rudi...Rudi. kau memang seniman. Bisa-bisanya memberiku sesuatu yang unik saat aku lagi ragu seperti ini.
“ki, tunggu bentar ya!” serunya sambil memberesi jaring-jaring ikan.
Aku mengangguk. Tak lama, Rudi sudah menemuiku di bibir pantai.
“ada masalah, ki?”
“jangan sok tahu!” jawabku sewot.
“loh, aku memang tahu apa yang ada dipikiranmu. Dari kerutan di dahimu, ada dua pilihan. Ya kan?” tebaknya.
Aku hanya menggangguk.
“sudahlah, tak perlu dikhawatirkan. Ambil saja beasiswa itu, beres bukan?”
“tak semudah itu, rud.”
“justru karena kau memikirannya sulit, maka masalah itu menjadi sulit.”
“tapi, aku tak percaya dngan istilah beasiswa penuh. Terlebih lagi sekolah yang menawarkan. Aku benar-benar tak bisa terima.”
“jadi karena itu? Bukankah kita sudah terbiasa melihatnya di sekolah?”
Aku diam sejenak.
“Rud, sudah sore. Aku mau pulang dulu. Makasih atas masukannya.”
Rudi hanya tersenyum. Senyum yang khas Rano karno karena tahi lalat yang ia miliki.
“thnaks ya Rudi karno!!” teriakku setelah agak jauh.


***
Terkadang, satu kata dari seorang sahabat dapat mengubah sejuta kalimat yang keluar. Begitulah. Rudi, temanku seperjuangan di SMA paling elit telah memberikan sesuatu yang merupakan klimaks dari keputusanku hari ini. Ya, sebuah keputusan yang membuat Bu ratna tersenyum mendengarnya, membuat adik-adik bersorak kegirangan, juga tentu saja membuat Rudi sendiri bangga karena usulnya diterima olehku. Besok, setelah satu minggu libur Ujian Nasional, akhirnya aku ke sekolah lagi. Bukan untuk ikut dalam aksi coret-coret seragam SMA tapi semata-mata ingin mengurus beasiswa penuh ke salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta.
Pagi-pagi, seperti biasanya, setelah mengantar dadar gulung ke warung nasi Bu maryam, aku mengayuh sepeda menuju arah utara, ke jalan sekolahku. Tiga tahun, aku melewati jalan ini. Jalan yang setiap lobangnya memiliki kesan tersendiri. Ya, tentu saja berkesan. Lobang yang di depanku, satu meter dari tikungan adalah karya truk-truk kontainer yang memaksa masuk padahal aspal di sini tipis, sedangkan dua lubang yang mirip, itu adalah karya tukang ojek yang tabrakan dengan mobil pick up. Sementara, lubang-lubang kecil yang berjarang 5 meter kemungkinan besar karena jalan ini sudah rentah dimakan usia. Entah zaman presiden ke berapa, jalan ini direnovasi. Yang jelas, terlepas dari kesan jelek yang tersirat dari jalan ini, ada cerita cantik yang mengiringinya. Makanya, aku menamai jalan ini jalan cinta. Walaupun beribu kali Rudi memprotes, aku tak peduli. Inilah dia, jalan cinta!!!
Aku ingat betul. Waktu itu tepatnya, hari sabtu sekitar pukul tiga sore. Sehabis pulang sekolah, seperti biasa aku melewati jalan ini sebagai jalan pulang. Waktu itu musim hujan. Tentu saja sore itu menjadi sore yang mendung. Ditambah lagi suasana gerimis dan kilat nampak menyambar-nyambar. Sebenarnya, ada rasa ngeri ketika meleati jalan ini sendirian. Ya, sendirian karena sobatku Rudi tidak masuk sekolah lantaran pamannya, Mang Dulah masuk rumah sakit. Akhirnya, sore itu aku pulang sendiri. Jalan yang becek membuatku menggiring sepeda tanpa berani menaikinya karena sangat licin.
Tepat di persimpangan jalan yang terdapat lobang besar karya truk-truk kontainer yang pernah kuceritakan tadi, di situlah aku melihat sosok Duta Samudera Wijaya, salah satu kaum adam yang memiliki ketampanan sekelas bintang-bintang Hollywood. Benar-benar bertalenta di bidang apapun. Dialah bintang sekolah.
Kuperhatikan dengan seksama, memastikan mataku tidak salah lihat. Dan ternyata benar, sosok yang berteduh di bawah pohon akasia itu adalah Duta.
Aku ragu untuk menyapanya karena sepintas pun aku tak pernah bertemu secara langsung dengannya. Apalagi bicara. Aku tak pernah. Yang aku tahu adalah profil-profilnya di majalah dinding atau koran sekolah, selebihnya, he just a dream.
Jalan yang aku lewati ini adalah jalanan sepi yang tak ada rumah penduduknya. Ini adalah jalan pintas yang beraspal tipis. Lalu, semakin dekat aku dengan sang bintang, semakin tak ingin aku menyapanya. Aku tak menoleh sedikitpun saat sepedaku melewati mobil sedan warna merahnya. Yang aku lihat dari sikap tubuhnya, Duta sepertinya sedang mnelpon. Mungkin menelpon bengkel untuk memperbaiki mobilnya yang mogok di jalan yang tak bernama ini.
“hei!!” suara ngebas itu menyeru.
“hei! permisi!!”
Aku menoleh. Wajar itu terlihat panik. Tapi, dibandingkan aku, justru akulah yang terlihat panik.
“ya. Kenapa?” tanyaku.
Segera Duta menghampiriku yang terpaku di tengah jalan.
“ini jalan apa?”tanyanya sambil memegang handphone.
“entahlah...”jawabku singkat.
“o...jadi kamu nggak tahu?”
Aku mengangguk.
“ya, sudah. Makasih”.balasnya tersenyum.
Aku kembali menggiring sepeda.
“sorry, kamu anak SMA Galileo juga??”
“iya.”
“kalo gitu, kita satu sekolah. Perkenalkan. Aku Duta. Duta Sam..”
“panggil aja, Duta.” Katanya mengulurkan tangan.
“ya, saya kiki.” Kataku balik meyalaminya.
Sesaat aku tampak kaku. Ternyata, apa yang biasa disajikan sinetron-sinetron layar kaca tak selamanya mirip kehidupan. Toh, si Duta yang kaya, pintar, dan tampan adalah sosok yang cukup friendly. Betul kan??
Tanpa kuduga. Hari itu, hari pertama ada teman di SMA, selain Rudi, yang mampir ke Panti. Dia adalah Duta. Aku tak tahu persis apa yang dia pikirkan tentang tempat tinggalku, tapi beberapa saat setelah perkenalan di jalan penuh lobang, berteduh sebentar sambil menemaninya membetuli mobil secara otodidak dan kubantu dengan pengetahuan otomotif di fisika dasar, akhirnya sedan warna merah itu kini dapat berjalan lagi.
Hari itu benar-benar menjadi hari bersejarah. Hari ketika aku bisa mempunyai satu lagi teman baru yang berbeda dari golongan elit lainnya.
Namun, keceriaan itu tak bertahan lama. Duta, sang bintang sekolah itu harus ikut program pertukaran pelajar ke Perancis. Dan sampai sekarang, aku belum pernah bertemu dengannya lagi. Tak pernah. Mungkin dia akan lupa denganku. Bahkan dengan tanah airnya sendiri karena kudengar dia akan melanjutkan ke Kanada mengambil Study of Medicine. Lalu timbul pertanyaan di tempurung otakku, kenapa rata-rata para pelajar berotak encer negeri ini lebih mempercayakan masa depannya dengan negara lain ketimbang negeri sendiri?? Begitu pun para orang tua yang kaya raya tentu tak segan-segan menyekolahkan anaknya di luar negeri. Tak peduli anaknya benar-benar pintar atau Cuma ikut-ikutan pintar. Tapi, yang penting judulnya adalah “ Luar Negeri!!”
Aku tak peduli apakah Duta akan melupakanku. Apakah kami akan bertemu lagi atau tidak. Tapi satu yang aku peduli, yakni aku tak mungkin melupakannya. Melupakan keramahtamaannya, kebaikannya, kedermawanannya. Dan bagaimana bisa aku melupakan saat dia begitu akrab dengan adik-adikku di panti asuhan. Buku-buku sumbangannya untuk panti, juga saat dia mau berbagi ilmu denganku, mau berbagi cerita, dan mau menjadikan aku temannya. Aku berharap, banyak Duta-Duta lain di luar sana yang seperti Duta Sam..begitulah dia memenggal namanya tanpa mau diikuti nama Pak Wijaya, konglomerat yang memiliki 4 perusahaan diller mobil di Jakarta.
***
Tanpa terasa, sepanjang jalan menuju ke sekolah, aku telah begitu banyak membuka file di otakku yang bertuliskan Duta. Kini, pintu gerbang sekolah sudahdi depan mata. Mobil-mobil mulai berbaris di lapangan parkir. Sementara, seperti biasa sepeda kutaruh di kantin belakang.
“kamu beruntung ya, Ki.” Ucap Pak Naga, sang kepala sekolah yang selalu sinis.
“kamu sekolah di sini karena beasiswa, sekarang kuliah karena beasiswa. Benar-benar mujur” ujarnya sambil membenarkan letak kacamatanya.
“bukan mujur, pak. Tapi saya berusaha. Mendapat nilai baik.”jawabku singkat.
“ya.ya. bapak tahu. Jangan tersinggung dulu.”
“silakan tanda tangan”
Kubaca sekilas kertas bermaterai dari pak naga. Setelah itu, aku baru menandatanganinya.
“besok ada wawancara di gedung Chandra Foundation. Kamu langsung saja ke sana. Besok jadwalnya kamu dengan Jelita Gunawan Prestika. Anak kelas 3.2. kenal?”
Aku mengangguk.
“baiklah. Ini surat pengantarnya.”
“terima kasih, Pak.”
“sama-sama. Semoga berhasil.”
Aku keluar dengan perasaan legah. Legah karena telah berhadapan dengan pak Naga yang terkadang kata-katanya lumayan panas seperti api yang disemburkan naga.

Jelita? Nama itu. Benar-benar membuatku was-was. Terakhir aku berhadapan dengannya saat tragedi pelajaran Olahraga. Tepatnya saat materi pelajaran Praktik bola volly. Aku tak tahu apa salahku. Tiba-tiba dia menghampiriku dan bola volly itu langsung mengenai mukaku. Benar-benar murahan tingkah Lita dan genknya. Dan aku tak menyangka lagi kalau pikiran mereka begitu kekanak-kanakan. Dengan mengalaskan aku telah merebut Duta, mereka mnjadikanku bulan-bulanan yang begitu mudah ditertawakan. Tapi, semenjak kejadian itu pula, aku mulai tahu, aku mulai berani bicara dan melawan mereka. Dan semenjak tragedi pelajaran Olahraga itu, Dutalah yang mendukungku utuk berani melawan mereka. Melawan anak-anak manja yang hanya mengandalkan uang saku orang tua!!
Setelah dari ruang kepala sekolah, aku pun langsung menuju perpustakaan. Kulihat pos surat yang diletakkan di depan perpustakaan. Tak ada surat untukku. Tak ada balasan dari pihak penerbit. Ah...apa tulisanku memang tak layak muat?? Ruang perpustakaan tak begitu ramai. Tak seramai lapangan basket yang dikerumuni anak-anak kelas 1 dan 2 yang ingin melihat perform terakhir dari Lita. Sebuah poster meriah mengambil tempat di majalah dinding dengan judul “the best of Jelita Gunawan Prestika”.hahahai...aku tertawa membacanya. Terkadang aneh. Banyak orang di sekolah ini yang mengaku dirinya artis. Padahal masuk tivi pun belum pernah.
Aku paling suka di bangku ini. Bangku yang tenang. Tempat aku menuliskan banyak hal yang aku saksikan dengan semua panca inderaku. Aku menulis, menghabiskan waktu dengan membaca, juga sesekali mendengarkan curhatan dari Tengku Rudi.
Hari ini, aku ingin menghabiskan waktu di sekolah dengan duduk manis di bangku ini. Membaca beberapa refrensi berbahasa inggris supaya aku bisa terlihat lebih intelek saat interview besok.

***
]
Jangan lupa, kutunggu di Beautiful York, sore ini jam 5. okeh?

Prof. Tengku Rudi Putra Bangawan,M.A.

Begitulah pesan yang tertulis pada sehelai kertas di meja beajarku saat aku baru sampai di kamar. Jam 5. Baiklah, kejutan apa lagi yang akan ditunjukkan Rudi.



***

Beautiful York. Begitulah aku dan sahabatku Rudi menamai tempat ini. Tepi pantai yang masih jauh dari tangan-tangan jahil manusia. Tempat yang biasa aku temui setelah mengambil dagangan dadar gulung di warung Bu maryam. Aku senang di sini. aku tenang di sini. Dan di sinilah tempat aku sering menulis selain di pohon beringin tua di depan panti. Indah memang. Apalagi sore-sore, kau akan melihat pemandangan kawanan burung-burung putih pulang ke sarangnya, menandakan petang dan mengisyaratkan malam akan menutupi cerahnya siang. Andai aku punya handycame atau kamera, aku pasti telah menjadikan pemandangan di beautiful York sebagai objek fotoku. Bila perlu aku akan membuat sebuah film dokumenter alam. Ah, kenapa anak-anak elit di SMA tidak brpikiran sama denganku?? Tapi, biarpun aku tak punya alat yang serba digital, cukup bagiku untuk menikmati lukisan Rudi sebagai penggantinya. Dari awal, aku sudah mengatakan bahwa Rudi itu seniman. Seperti yang sering ia muat diujung namanya M.A master Art. Amin.
Kukira lukisan Rudi jauh lebih canggih dari jepretan kamera. Ah, sudahlah. Jika dia tahu aku banyak memujinya, dia akan menjadi tak memiliki masa dan melayang ke udara karena senangnya.

***
“beli dadar, Neng.” Ujar seseorang yang sudah bisa kutebak.
“berapa kek?” tanyaku.
“satu saja, nek. Kakek nggak punya uang.uhuk..uhuk..tiga hari kakek tidak makan..uhuk—uhuk” katanya pura-pura batuk.
“sudah-sudah. To the poin saja. Apa yang akan kau tunjukkan tengku Rudi?”
“wah...ada yang penasaran!!” tebaknya sambil mengeluarkan bungkusan dari tasnya.
“eit..tunggu dulu.”
“ada syaratnya. Ucapkanlah doa yang ingin raih.”
“terlalu basa-basi,Rud”
“pokoknya harus!!” protesnya.
Aku menuruti instruksi Rudi. Dia selalu saja ngotot! Lalu, terbesit doa supaya aku sukses dalam interview besok. Bisa ke jakarta, Kuliah, dan lulus dengan predikat paling wahid dan membawa serta semua keluarga di panti saat aku wisuda. Dan tentu saja harapan supaya foto wisudaku terpampang di surat kabar sebagai mahasiswi berprestasi fakultas kedokteran. Tidak hanya itu, impian ku berlanjut dengan mengambil S2 beasiswa ke kanada. Bila perlu bertemu dengan Duta, sahabatku yang menimba ilmu di Study of Madecine.
“Sudah!!Sudah!!jangan diteruskan!! Ujar Rudi yang membuyarkan semuanya.
“loh??”
Dari bibir pantai, aku dan rudi menuju tempat paling indah untuk melihat matahari terbenam, yaitu batu besar yang lapang di tengah pantang.
“bukalah!” perintah Rudi.
Aku membuka bungkusan kresek hitam itu. Kucium sesuatu yang wangi sekali. Sebelum kubuka kotak yang ada di dalamnya, aku membaca sehelai kertas berukir. Pasti ini hand made si anak aceh ini. Pikirku sambil melihat ekspresi Rudi yang datar.

Selamat ulang tahun. Semoga panjang umur. Sukses selalu!!!!

Oh. Begitu manis kejutan darimu sobat. Andai Rudi berjenis kelamin perempuan, tentu aku sudah memeluknya sebagai ucapan terima kasih yang amat sangat dariku. Beruntung aku punya sahabat sepertimu, Rudi.
“thank you so much. I don’t know, what I have to say.”
“don’t say anything. Just follow the time. It’s your.”
Kubuka bungkusan dalam kotak. Teras masih panas.
“martabak manis??” tanyaku sambil tertawa.
“like this???”ujar rudi tersenyum
“I don’t have any reason to say not!!” jelasku riang.
Hahai. Aneh juga. Tapi ini adalah hari ulang tahun yang beda. Padahal, aku sendiri lupa kalau hari ini aku ulang tahun. Terima kaih banyak Rudi. Batinku sambil mengunyah martabak kacang yang masih panas. Senja yang indah...













BAB 2

Aku merupakan penggemar Andrea Hirata. Apalagi saat ia menulis “Tuhan tahu tapi menunggu”. Lewat novel-novelnya, aku belajar untuk menulis. Aku belajar untuk dekat dengannya lewat tulisannya. Sama halnya saat Andrea Hirata mengagumi Roma Irama, begitulah aku mengaguminya sekarang. Mungkin suatu saat kelak, jika aku menjadi penulis, ada juga yang bisa mnjadikan aku orang yang dikagumi. Ya, suatu saat.
Tok..tok..tok..
“sudah siap, Ki?”seru Bu ratna dari balik pintu kamar.
“iya, Bu. Sebentar.”
Segera kupasang dasi seragam SMA. Hari ini seperti hari dimana tokoh Ikal dalam Edensor ingin wawancara S2 ke Sorbonne. Semoga aku bisa senasib dengan si tokoh utama itu.
Setiap pagi, aktivitas di panti asuhan selalu ramai. Ramai, ribut, namun masih teratur. Begitulah. Jika kamu adalah orang yang maniak kesunyian, mungkin kau takkan betah berada di sini. Bayangkan. Pagi-pagi, pukul empat, setiap kamar sudah rapi. Tak ada lagi yang bermalas-malasan. Apalagi masih berkunjung ke pulau kapuk. Jadi, semuanya disiplin. Besar , kecil, mau SD, SMP, atau SMA semua harus rapi. Tapi, aku paling kagum dengan Bu Laras. Wanita tambun itu adalah koki paling wahid di Panti. Dengan biaya yang pas-pasan, dia bisa memasakkan kami komplit, walaupun sederhana. Dia lebih pandai memanajemen keuangan dari pada para sarjana acounting.
“hayo-hayo. Diam dulu semuanya. Ririn. Tita. Kaka. Dara. Susi. Waduh. Hayo duduk-duduk!!” seru Bu ratna di meja makan.
“anak-anak. Hari ini, Kak Kiki ada tes beasiswa. Jadi, ayo kita doakan semoga hari ini kak Kiki sukses. Oke?”
denagn khusuk, Ahmad, yang paling rajin sholatnya memimpin doa. Kuresapi ayat demi ayat yang keluar dari bocah kelas 6 SD itu. Tak terasa, butiran hangat mengalir dari kelopak mataku.

“hati-hati ya, Kak!!”seru si kecil Aya yang masih TK.
Aku tersenyum dan melambaian tangan. Kuputuskan untuk naik bis. Jadi, lebih cepat sampai ke tempat wawancara ketimbang harus bersepeda.
Tin!!! Tin!! Suara klakson motor mengagetkaku.
“Ojek, Neng??” tawarnya dari belakang.
“Nggak, Bang. Makasih!” seruku masih berjalan tanpa menoleh sedikitpun.
“ waduh. Kiki. Tunggu!!”
Suara itu?
“Rudi??”
“kenapa? Kaget?”
“iyalah. Motor siapa?”
“motor pinjaman. Hehe” katanya enteng.
Sejak kapan si Rudi bisa bawa motor? Pikirku.
“oke, let’s go!!!!”
Dengan ragu, aku dibonceng Rudi yang baru kali ni aku tahu kalau dia bisa bawa motor.
“eh, Ki. Kalau kau lulus interview, kau harus traktir aku. Okeh?”
Aku mengangguk dalam hati aku bersyukur.

***
Chandra Fondation.
Suasana dalam gedung berlantai 3 ini begitu modern. Desain dan tata ruangnya seperti ebanyakan kantor-kantor di dalam tivi. Andai suatu saat nanti aku bekerja dalam ruangan senyaman kantor ini, tentu saja aku akan betah berlama-lama untuk lembur kerja.
“katrok! Biasa aja kali. Ingat, janga

COREK-CORET

Jakarta. aku sampai di sini. Entah harus bahagia atau sedih. Tapi yang jelas...aku sudah di sini. Lalu? Apa yang harus dilakukakn seorang gadis yang tasnya dirampok dan kesuciannya nyaris direnggut. Ahhkk...kenapa jadi begini!!!! Kanapa berantakan begini? Apa salahku? Selama ini aku menjalaninya sesuai dengan aturan!! Aku kuliah, bekerja, menabung, mengumpulkan uang, untuk memperbaiki nasib ke jakarta. untuk menemui teman bapak yang punya perusahaan besar. Tanpa ada penyelewengan. Tanpa keliru dan penuh perencanaan. Tapi...apa gunanya itu semua jika apa yang aku rencanakan gagal total.
Sekarang...apa yang mesti kulakukan. Aku seprti makhluk bodoh. Seperti katak yang keluar dari tempurung. Kemarin, kesucianku nyaris dirampas orang. Sekarang apalagi!!!apa lagi yang akan dirampas. Ijazah?..akh...si copet sialan itu membawa kertas berharga dan harapanku untuk menjadi dosen di perguruan tinggi usai sudah. IPK yang kukumpulkan dari awal kuliah, kini lenyap bersama surat-surat diijazah. Kenapa aku bisa seceroboh kemarin! !!
“ saudari Indah.” Panggil seorang polisi dari meja tempat ia mencatat dat-data pelapor.
aku langsung menyambar kursi di hadapannya.
“nama?”
“indah, pak.”
“umur”
“21 tahun”
“alamat”
“saya...saya tidak punya alamat pak.”
“alamat saudara”
Aku menggeleng. Bapak itu sejenak menatapku.
“jadi, apa yang terjadi.”
Aku menceritakan semua yang terjadi. Kejahatan beruntun yang menimpahku satu hari sesampai di jakarta. dari stasiun gambir sampai sekarang.
“baik. Ada nomor handphone?”
Kembali aku menggeleng.
“ya sudah. Sebulan lagi, kamu kemari? Pengaduan saudari akan kami proses”
“tapi..selama itu, pak? Maaf...apa tidak..”
“sudah...ini resiko”
Aku terdiam saat kutahu post polisi ini butuh uang pelicin. Aku pasrah untuk sementara waktu. Tapi..jika ada uang, aku akan memberi polisi ini pelumas, biar tambah licin!!!
Kutinggalkan post polisi itu. Sekarang, aku harus ke mana?
Kulihat diperempatan lampu merah. Anak-anak kecil masih mengamen, meminta-minta, membersihkan kaca mobil, ada juga yang sempat-sempatnya tidur. Aku lupa. Ini jakarta. tak hanay mereka yang akan begitu, akupun mungkin akan melakukan hal yang sama jika perut sudah melebihi akal sehat.
“ sendirian, mbak?” tanya seorang bocah di sampingku.
“ iya. Kamu sendiri?”
“em..mbak baru pertama ke jakarta?”
“ iya, kok tahu?”
“kelihatan dari tingkah mbak. Kenalin mbak, aku Tita.”
“nama mbak, indah. Panggil aja mbak indah atau kak indah.”
“kak indah aja dech...” jawab bocah itu.
“kak indah mau ikut tita”
“ke?”
Tita menunjuk perempatan lampu merah. Dengan pasrah, aku mengikuti bocah tomboi itu.
Satu persatu kami membersihkan kaca mobil. Sekarang masih pukul 04.00 pagi. Belum ada operasi gepeng, jadi aman untuk beroperasi. Mereka mulai menhitung uang yang ada.
“sepuluh ribu...”sahut tita. Si bocah itu lalu meninggalkan Indah dan berlari ke arah kerumunan orang.
“neng, kok bengong. Kaca nya nih..!kata bapak-bapak yang mobilnya kubersihkan.
“ma..maaf pak...”
“em....kamu....manis juga...”sahut lelaki itu sambil mengedipkan matanya.
Aku menunduk.
“mau dibayar ber..”
“bapak jangan kurang ajar ya sama saya.” Semburku pada si hidung belang.
“ dasar!buaya darat!”
“siapa kak?” tanya Tita tiba-tiba
“kakak nggak tahu.”
“ternyata..kakak bisa galak juga ya..”kata tita setengah tertawa.
“iyalah..kalo ada yang mau macem-macem, kakak nggak segan-segan buat teriak.”
“yaudah kak, tita bawa makanan, kita makan dulu.
Kuhabiskan sebungkus nasi tempe dengan lahab. Kupandangi tita. Bocah ini. Kukira umurnya sepuluh

COREK-CORET

Jakarta. aku sampai di sini. Entah harus bahagia atau sedih. Tapi yang jelas...aku sudah di sini. Lalu? Apa yang harus dilakukakn seorang gadis yang tasnya dirampok dan kesuciannya nyaris direnggut. Ahhkk...kenapa jadi begini!!!! Kanapa berantakan begini? Apa salahku? Selama ini aku menjalaninya sesuai dengan aturan!! Aku kuliah, bekerja, menabung, mengumpulkan uang, untuk memperbaiki nasib ke jakarta. untuk menemui teman bapak yang punya perusahaan besar. Tanpa ada penyelewengan. Tanpa keliru dan penuh perencanaan. Tapi...apa gunanya itu semua jika apa yang aku rencanakan gagal total.
Sekarang...apa yang mesti kulakukan. Aku seprti makhluk bodoh. Seperti katak yang keluar dari tempurung. Kemarin, kesucianku nyaris dirampas orang. Sekarang apalagi!!!apa lagi yang akan dirampas. Ijazah?..akh...si copet sialan itu membawa kertas berharga dan harapanku untuk menjadi dosen di perguruan tinggi usai sudah. IPK yang kukumpulkan dari awal kuliah, kini lenyap bersama surat-surat diijazah. Kenapa aku bisa seceroboh kemarin! !!
“ saudari Indah.” Panggil seorang polisi dari meja tempat ia mencatat dat-data pelapor.
aku langsung menyambar kursi di hadapannya.
“nama?”
“indah, pak.”
“umur”
“21 tahun”
“alamat”
“saya...saya tidak punya alamat pak.”
“alamat saudara”
Aku menggeleng. Bapak itu sejenak menatapku.
“jadi, apa yang terjadi.”
Aku menceritakan semua yang terjadi. Kejahatan beruntun yang menimpahku satu hari sesampai di jakarta. dari stasiun gambir sampai sekarang.
“baik. Ada nomor handphone?”
Kembali aku menggeleng.
“ya sudah. Sebulan lagi, kamu kemari? Pengaduan saudari akan kami proses”
“tapi..selama itu, pak? Maaf...apa tidak..”
“sudah...ini resiko”
Aku terdiam saat kutahu post polisi ini butuh uang pelicin. Aku pasrah untuk sementara waktu. Tapi..jika ada uang, aku akan memberi polisi ini pelumas, biar tambah licin!!!
Kutinggalkan post polisi itu. Sekarang, aku harus ke mana?
Kulihat diperempatan lampu merah. Anak-anak kecil masih mengamen, meminta-minta, membersihkan kaca mobil, ada juga yang sempat-sempatnya tidur. Aku lupa. Ini jakarta. tak hanay mereka yang akan begitu, akupun mungkin akan melakukan hal yang sama jika perut sudah melebihi akal sehat.
“ sendirian, mbak?” tanya seorang bocah di sampingku.
“ iya. Kamu sendiri?”
“em..mbak baru pertama ke jakarta?”
“ iya, kok tahu?”
“kelihatan dari tingkah mbak. Kenalin mbak, aku Tita.”
“nama mbak, indah. Panggil aja mbak indah atau kak indah.”
“kak indah aja dech...” jawab bocah itu.
“kak indah mau ikut tita”
“ke?”
Tita menunjuk perempatan lampu merah. Dengan pasrah, aku mengikuti bocah tomboi itu.
Satu persatu kami membersihkan kaca mobil. Sekarang masih pukul 04.00 pagi. Belum ada operasi gepeng, jadi aman untuk beroperasi. Mereka mulai menhitung uang yang ada.
“sepuluh ribu...”sahut tita. Si bocah itu lalu meninggalkan Indah dan berlari ke arah kerumunan orang.
“neng, kok bengong. Kaca nya nih..!kata bapak-bapak yang mobilnya kubersihkan.
“ma..maaf pak...”
“em....kamu....manis juga...”sahut lelaki itu sambil mengedipkan matanya.
Aku menunduk.
“mau dibayar ber..”
“bapak jangan kurang ajar ya sama saya.” Semburku pada si hidung belang.
“ dasar!buaya darat!”
“siapa kak?” tanya Tita tiba-tiba
“kakak nggak tahu.”
“ternyata..kakak bisa galak juga ya..”kata tita setengah tertawa.
“iyalah..kalo ada yang mau macem-macem, kakak nggak segan-segan buat teriak.”
“yaudah kak, tita bawa makanan, kita makan dulu.
Kuhabiskan sebungkus nasi tempe dengan lahab. Kupandangi tita. Bocah ini. Kukira umurnya sepuluh

Transformasi Akhlak dalam Syair-Syair Praangkatan

Transformasi Akhlak dalam Syair-Syair Praangkatan

Pada hakikatnyam Tuhan memberikan anugerah yang luar biasa kepada manusia. Manusia memiliki cipta, rasa, dan karsa. Dengan cipta, manusia memiliki bakat alami untuk menciptakan/membuat sesuatu sesuai dengan benaknya atau pikirannya, seperti memciptakan karya sastra. Dengan rasa pula, manusia dapat mengikat emosi untuk karya ciptanya, dan karsa akan membantu untuk menuangkan hal-hal yang mampu dikembangkan. Manusia dapat menggunakan potensi yang ada untuk berkarya seni, sebagaiman yang dikemukakan oleh penyair Mursal Ensten dalam bukunya Kritik Puisi, bahwa antara semesta, manusia, dan karya seni, masing-masing memiliki keterkaitan. Melaui semesta (alam), manusia terinspirasi, dan lahirlah karya sastra.
Bukti bahwa manusia itu mampu menghasilkan karya sastra dapat kita cermati dari banyaknya syair-syair dan sajak yang sering dibacakan oleh orang tua, ataupun nenek kita yang telah berusia lanjut. Sajak-sajak maupun syair yang sering ditembangkan orang tua dulu, atau yang sering dibacakan oleh beberapa orang di suatu kesempatan, tak lain dan tak bukan adalah contoh nyata adanya karya sastra yang telah berkembang di tengah masyarakat Indonesia meskipun waktu itu budaya baca tulis masih minim.
Dalam dunia kesusastraan, jenis-jenis puisi lama, syair, atau sajak yang dikemukankan di atas, dapat digolongkan ke dalam bentuk karya sastra pra-angkatan. Dalam KBBI terbitan Balai Pustaka Pra berarti sebelum, dan kata angkatan berarti generasi. Bila merujuk pada istilah sastra, kata pra-angkatan muncul untuk menandakan karya sastra yang ada sebelum generasi ’45 atau Angkatan ’45 yang dipelopori oleh Chairil Anwar. Selain ‘Bentuk Pra-angkatan’, beberapa pengarang mengistilahkan karya Pra-angkatan dengan Bentuk Puisi Tradisional. Di antara pengarang-pengarang tersebur adalah M. Semi Atar dalam bukunya Anatomi Sastra. Atar menuliskan bahwa puisi tradisional mempunyai pola atau bentuk yang tetap, artinya ia tersusun dalam suatu sistem susunan tertentu yang tidak dapat diubah; bila diubah maka eksistensinya menjadi hilang atau goyah. Puisi Indonesia Tradisional terdiri dari :mantra, syair, gurindam, seloka, bahasa berirama, pribahasa, dan lain-lain.
Lebih lanjut, Atar sepintas menerangkan bentuk-bentuk puisi pa-angkatan. Bentuk puisi yang tertua adalah mantra. Mantara ini tumbuh dan berkembang secara lisan di tengah masyarakat. Mantra merupakan ucapan yang diucapkan oleh dukun atau pawang. Satu ciri khas mantra adalah, ia mementingkan irama dan repetisi. Cirinya yang lain, hampir tidak mempersoalkan kehidupan atau nilai-nilai. Setelah mantra, maka pantun merupakan bentuk puisi yang juga paling tua. Di antara puisi Indonesi, pantunlah yang milik Indonesia sejati, selebihnya adalah bentuk puisi yang mendapat pengaruh dari luar seperti Hindu dan Arab.
Bentuk lain dari puisi pra-angkatan adalah syair. Syair merupakan puisi yang tumbuh dan bertunas setelah masuknya peradaban Islam ke Indonesia. Kata syair berasal dari kata syu’ur yang berarti perasaan. Bentuknya hampir sama dengan pantun. Syair digunakan untuk melukiskan hal-hal yang panjang, misalnya tentang suatu cerita, ilmu, soal persahabatan, dan lain-lain.
Seperti yang dikemukakan sebelumnya, syair yang sering digunakan sebagai pengenalan sastra di usia dini (ketika pegajian) juga digunakan sebagai media pengampaian pesan atau nasihat. Artinya, syair yang diucapkan atau dilafalka tdak hanya sekedar deretan kata-kata yang apik namun juga dapat dijadikan bahan perenungan yang dalam hal ini kegiatan mentadaburi syair atau sajak. Perhatikan sajak yang ditulis oleh ‘Aidh al- Qarni berikut:
Segala puji bagi Allah yang memeliharaku,
Menepiskan kebutaan dari hariku, membimbingku,
Menolongku dengan kemuliaan dan meneguhkan buktiku,
Sedang aku rentan dari segala dosa dan kekurangan,
Shalawat dan salam teruntuk Muhammad
Manusa terbaik dan pilihan Tuhan.
...
Inilah senandung bagi orang yang sukses;
Mereka yang memiliki semangat bagai bintaang kejora
Aku ciptakan bagi mereka yang bertekad baja
Untuk mereka yang mulia dari saudara-saudaraku
Wahai orang-orang yang mencitakan keutamaan
Menuju taman firdaus dan keridhaan
Dengar dan kerjakan nasihatku ini,
Jagalah semua itu dengan sekjuat tenagamu
Dengarlah seruan ini, berlombalah! Bersegeralah!
...
Juga perhatikan syair singkat yang dilafalkan anak-anak kecil di surau berikut ini:

Barang siapa yang ingin bahagia di dunia
Harus dengan ilmu.
Barang siapa yang ingin bahagia di akhirat
Harus dengan ilmu.
Barang siapa yang ingin bahagia di kedua-duanya
Harus dengan ilmu
Harus dengan ilmu.

Atau syair berikut:
Sepohon kayu daunnya rimbun
Lebat bunganya serta buahnya
Walaupun hidup seribu tahun
Kalau tak sembahyang
Apa gunanya.

Kami sembahyang fardu sembahyang
Sunat pun ada bukan sembarang
Supaya Alah menjadi sayang
Kami bekerja hatilah riang.

Kami bekerja sehar-hari
Untiuk belanja rumah sendiri
Hidup di dunia tiada berarti
Akhirat di sana sangatlah rugi.


Dari beberapa contoh syair dan sajak di atas, kita dapat mengambil hikmah dari setiap kata yang membentuknya. Hal inilah yang dapat dijadikan bahan untuk merenung atau mentadabur. Adanya sajak-sajak yang diujarkan di lingkungan anak-anak usia dini dapat dijadikan media pendidikan moral dan menanakan benih-benih kebaikan pada anak-anak yang bila telah dewasa nanti dapat dirasakan manfaatnya dan ditadaburi makna atau nasihat yang dikandungnya, seperti pada sajak pertama menyuruh kita untuk berlomba-lomba dan jangan sampai tertinggal, sajak kedua berupa amanat bahwa dengan ilmu kita dapat hidup bahagia dunia maupun akhirat, serta syair ketiga bahwa hidup hendaklah dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk ibadah, bekerja, dan selalu ingat akhirat. Bila sajak dan syair tersebut direnungkan, tentunya akan banyak nasihat yang dapat digali.

Analisis Struktur Aktan dan Model Fungsional dalam Cerita Batu Belah Batu Bertangkup

Analisis Struktur Aktan dan Model Fungsional

dalam Cerita Batu Belah Batu Bertangkup

Dwi Permatasari

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Analisis struktural dan Model Fungsional dalam Cerita Batu Belah Batu Bertangkup”. Rumusan masalah adalah bagaimanakah struktur aktan dan model fungsional dalam cerita Batu Belah Batu Bertangkup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, memahami,dan mendeskripsikan struktur aktan dan model fungsional dalam cerita Batu Belah Batu Bertangkup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori struktural yang dikemukakan oleh Greimas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian yang dilakukan Rosman dkk. (1991) mengenai cerita rakyat Kecamatan Tulung Selapan yabg salah satunya adalah cerita rakyat Batu Belah Batu Betangkup. Penganalisisan data menggunakan teori struktural Greimas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerita Batu Belah Batu Bertangkup ternyata alur ceritanya (analisis fungsional) sesuai dengan yang dinyatakan dalam teori Greimas. Semua tahap terpenuhi dengan cermat. Artinya, tokoh sepenuhnya berperan dalam analisis struktural. Baik penentang atau penolong dapat pula ditemukan ditahap percakapan. Dengan demikian, cerita Batu Belah Batu Bertangkup memenuhi struktur aktan dan model fungsional teori A.J. Greimas.

Kata-kata kunci : Struktur aktan, model fungsional

Pendahuluan

Menjelang tahun 1980-an, ada kecenderungan dunia kesusastraan kita, (Indonesia) mencoba untuk mengeksiskan berbagai cerita atau sastra daerah. Hal itu ditandai oleh adanya upaya penyebaran sastra daerah tertentu ke seluruh nusantara. Upaya yang telah tampak hasilnya adalah seperti yang dilakukan oleh proyek penerbitan buku sastra daerah, Departemen Pendidiknan dan Kebudayaan. Sejak saat itu, proyek ini telah berhasil mengumpulkan, menerbitkan, dan menyebarluaskan ratusan cerita rakyat dari dan ke berbagai daerah. Cerita-cerita itulah yang pada akhirnya memperkaya khazanah sastra nusantara (Indonesia).

Mengigat pentingnya sastra daerah, terutama bagi masyarakat pendukungnya, maka pada tahun 1990 Romsan dkk. melakukan penelitian mengenai cerita rakyat Tulung Selapan, salah satunya cerita rakyat Batu Belah Batu Bertangkup.

Sehubungan dengan pernyataan-pernyataan di atas, peneliti berusaha mengenalkan dan menjadikan cerita Batu Belah Batu Bertangkup sebagai objek penelitian. Peneli memilih sastra daerah, khususnya cerita daerah yang dalm hal ini mengangkat cerita Batu Belah Batu Bertangkup dikarenakan ,menurut pembacaan sementara, setiap cerita rakyat memiliki struktur yang kompleks yang unsur-unsurnya sangat fungsional. Sehubungan dengan masalah yang akan dibahas adalah struktur dan berbagi fungsi unsurnya, jadi teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural, sebagaimana yang dikembangkan oleh A.J. Greimas.

Analisis struktur aktan lebih mengeksploitasi eksistensi tokoh dan keterlibatannya dalam berbagai peristiwa. Greimas mengisahkan hubungan-hubungan yang dapat terjadi antara pelaku (actans) sebuah cerita. (Luxemburg, 1984: 41). Dengan demikian, perlu dianalisis hubungan antar tokoh dalam cerita. Oleh karena itu , peneliti menggunakan teori aktan dan model fungsional yang dikembangkan oleh Greimas. Perlu ditegaskan pula bahwa studi ini tidak dimaksudkan sebagai kajian untuk mengembangkan teori, tetapi kajian yang mencoba menerapkan teori struktural Greimas terhadap teks cerita rakyat Indonesia.

Ada persamaan dan perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya. Persamaannya terletak pada kajian teorinya yaitu struktur aktan dan model fungsional yang dikembangkan oleh A.J. Greimas. Objek yang diteliti pun sama-sama berupa cerita rakyat. Sedangkan perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada objek penelitian. Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Nurlina, jumlah cerita yang dianalisi adalah sebelas cerita Namun, dalam penelitian ini , peneliti lebih mengkhususkan pada satu cerita saja, yaitu cerita Batu Belah Batu Bertangkup.

Cerita rakyat merupakan cerminan kebudayaan masyarakatnya. Melalui sastra lisan itu, masyarakat saling menasihati dan membimbing tanpa menyinggung perasaan orang yang dinasihati. Cerita rakyat yang biasa disebut cerita prosa rakyat adalah satra lisan yang berbentuk prosa (Dananjaya, 1984:50). Menurut Aminuddin (1985:2) cerita rakyat adalah suatu cerita yang pada dasarnya disampaikan langsung oleh seseorang pada orang lain melalui penuturan lisan.

Berkenaan dengan cerita prosa rakyat, Menurut Romsan dkk. (1991:3) cerita prosa fiksi di kecamatan Tulung Selapan dapat digolongkan ke dalam legenda, fabel, cerita rakyat, cerita jenaka, dan mite.

Dalam menganalisis struktur aktan dan model fungsional, peneliti menggunakan teori A.J. Greimas. A. J. Greimas sendiri merupakan peganut paham struktural dari Prancis. Ia mengembangkan teori Proop. Sebelumnya Propp memperkenalkan unsur naratif terkecil yang sifatnya tetap dalam sebuah kary sasyta sebagai fungsi. Jadi, teori Propp ini menitiberatkan pada fungsi dan peran. Berdasarkan teori Propp inilah, Greimas mengembangkan teori aktan. Menurut Greimas (dalam http:// theonlywan.blogspot.com, yang diakses tanggal 1 Juni 2009)aktan adalah sesuatu yang abstrak, tentang cinta, kebebasan, atau sekelompok tokoh. Menurutnya juga, aktan adalah satuan naratif terkecil. Dikaitkan dengan satuan sintaksis naratif, aktan berarti unsur sintaksis yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Sedangkan fungsi adalah satuan dasar cerita yang menerangkan tindakan logis dan bermakna yang berbentuk narasi. Dengan kata lain, skema aktan tetap mementingkan alur cerita energi terpenting yang menggerakkan cerita sehingga menjadi penceritaan, dengan episode terpenting yang terdiri atas permulaan, komplikasi, dan penyelesaian (Ratna, 2004:139)

Greimas kemudian menawarkan tiga lingkungan pertentangan yang meliputi enam aktan (peran, pelaku) yaitu,

a) subjek (subject)—objek (object)

b) pengirim (sender) – penerima (receiver), dan

c) penolong (helper) – penentang (opponent)

Struktur aktan yang dikemukakan oleh Greimas dapat dilihat dalam bagai di bawah ini:



penerima


pengirim

objek

penentang

subjek

penolong

Fungsi dan kedudukan masing-masing aktan adalah sebagai berikut:

1) pengirim (sender) adalah seseorang atau sesuatu yang menjadi sumber ide dan penggerak cerita. Pengirim memberikan karsa kepada subjek untuk mencapai objek.

2) Objek adalah seseorang atau sesuatu yang diinginkan subjek

3) Subjek adalah sesuatu atau seseorang yang ditugasi pengirim untuk mendapatkan objek.

4) Pembantu adalah sesuatu atau seseorang yang membantu atau mempermudah mendapatkan objek.

5) Penerima adalah sesuatu atau seseorang yang menerima objek yang diusahakan oleh subjek.

6) Penentang adalah seseorang atau sesuatu yang menghalangi usaha subjek dalam mencapai objek.

Selain menunjukkan model aktan, Greimas juga menunjukan model fungsional. Model fungsional untuk menguraikan peran subjek dalam rangka melaksanakan tugas dari pengirim yang terdapat dalam aktan. Model fungsional dibagi menjadi tiga bagian, yaitu situasi awal, transformasi, dan situasi akhir. Situasi transformasi dibagi menjadi tiga tahapan, tahap uji kecakapan, tahap utama, dan tahap membawa kegemilangan.

Greimas mengemukakan model cerita dan tetap sebagai alur yang dibangun oleh berbagai tindakan yang disebut fungsi (Zaimar dikutip Sowondo, 2003: 54). Model fungsional memiliki cara kerja yang tetap karena memang sebuah cerita selalu bergerak dari situasi awal ke situasi akhir. Struktur aktan dan model fungsional memiliki hubungan kausalitas karena hubungan antaraktan itu ditentukan oleh fungsi-fungsinya dalam membangun struktur cerita (Sowondo, 2003: 55). Adapun operasi fungsionalnya dibagi menjadi tiga tahap seperti tampak pada bagan berikut.

1) Situasi awal

2) Tranformasi : tahap kecakapan, tahap utama, dan tahap kegemilangan

3) Situasi akhir

Dari pemaparan di atas, maka masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur dan model fungsional dalam cerita Batu Belah Batu bertangkup berdasarkan teori yang dikemukakan A.J. Greimas.

Sementara itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur aktan dan model fungsional dalam cerita rakyat Batu Belah Batu Bertangkup berdasarkan teori A.J. Greimas.

Berdasarkan tujuan dan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun secara praktis. Secarat teoritis, penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai penerapan sebuah teori yang dikemukakan oleh seorang ahli dalam cerita rakyat. Memberikan manfaat bagi kebudayaan daerah dan dapat menambah khazanah budaya nasional serta menambah perbendaharaan penelitian sastra, khususnya mengenai struktur aktan dan model fungsional.

Secara praktis penelitian ini dapat menjadi sumbangan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai bahan ajar sastra Indonesia di sekolah.

Metode dan Teknik

Metode

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengetahui tentang struktur aktan dan model fungsional dalam cerita Batu Belah Batu Bertangkup berdasarkan teori Greimas. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa melalui penelitian terhadap sastra daerah . Greimas lebih menekankan teori analisional fungsional para tokoh dan fungsinya karena pada hakikatnya hanya tokohlah yang mampu membangun hubungan antar unsur dalam keseluruhan unsur.

Dengan menggunakan metode deskrptif. Penelitian ni diharapkan dapat mengungkapkan struktur aktan dan model fungsional dalam cerita Batu Belah Batu Bertangkup. Penelitian ini dilakukan dengan seobjektif mungkin berdasarkan fakta yang ada, sehingga dapat menunjang tujuan penelitian.

Teknik Analisis Data

Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori strutural dengan maksud bahwa konsep teori structural dipergunakan sebagai dasar telaah tes, bukan telaah teks yang digunakan untuk mengubah dan mengembangkan konsep teori struktural. Teknik yang dignakan dalam menganalisis data adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi struktur aktan dan model fungsional dalam cerita dengan membaca keseluruhan isi cerita.

2. Menentukan struktur aktan dengan cara melakukan penganalisisan terhadap tindakan tokoh –tokoh dalam cerita sehingga dapat ditentukan peranannya. Strukktur aktan yang ditentukan berupa pengirim, subjek, objek, penentang, penolong, penerima.

3. Menyusun model fungsional melalui penganalisisan terhadap pergerakan cerita dari tahap akhir yang terdiri dari tiga bagian, yaitu (1) situasi awal, (2) transformasi, (3) situasi akhir.

Hasil dan Pembahasan

Dalam penelitian ini, diteliti sebuah cerita rakyat dengan judul “Batu Belah Batu Bertangkup”. Cerita tersebut berasal dari kecamatann Tulung Selapan. Berdasarkan teori struktural Greimas, berikut analisis struktur aktan dan model fingsional Batu Belah Batu Bertangkup adalah sebagai berikut:

1. Sinopsis cerita Batu Belah Batu Bertangkup

Di sebuah kebun, hidupkah sebuah keluarga yang terdiri dari ibu dan dua anaknya. Kehidupan mereka sangat sederhana. Pada suatu hari anak tertuannya menjaga adiknya sedangjkan ibunya merumput di lading. Ketika sedang asyik bermain, anak yang tertua menemukan belalang rusa. Si ibu mengira, anaknya diberi orang daging rusa, lalu ia menyuruh anak itu untuk memasaknya. Ketika hari sudah sore, ibunya pulang dan menanyakan daging rusa yang telah dimasak anaknya. Anaknya mengatakan bahwa ia bukan diberi orang daging rusa, melainkan belalang rusa. Sang ibu tidak percaya. Ia mengira anaknya berbohong dan ia mengira bahwa anaknya tidak sayang padanya.

Sang ibu merasa dibohongi oleh anaknya, maka ia ingin pergi ke tempat Batu Belah Batu Bertangkup. Tempat tersebut merupakan tempat orang bunuh diri. Anaknya melarang ibunya, namu ibunya tetap ingin pergi ke tempat itu. Akhirnya sang ibu tetap pergi. Setiba di sana, sang ibu mulai menjulurkan kakinya. Ia berkata pada batu tersebut agar menjepit kakinya perlahan-lahan hingga sampai ke ujung rambutnya. Habis kakinya lalu badannya, terus kepalanya. Singkat cerita, ibu tadi habis dimakan batu bertangkup dan hanya tingal rambut sehelai.

Anaknya tadi menyusul ibunya. Namun, ia terlambat dan yang ia temui tidak lagi ibunya, melainkan shelai rambut ibunya. Ia mengatakan kepada adknya bahwa ibunya telah dimakan batu belah-batu bertangkup. Sedaangkan rambut sehelai tadi, dibawanya pulang. Rambut ibunya itu dia tanam di halaman rumah mereka. Rambut tersebut tumbuh semangka. Ketika berbuah, buahnya amat besar. Sangat berbeda dengan semangka biasa. Kemudia mereka memetik buah semangka raksasa itu dan membelahnya dengan parang. Namun, semangka itu tidak terbelah dan merekapun sia-sia saja. ketika mereka lagi sibuk membela, ada burung yang brkata serandaian. Maka mereka mengingat serendaian. Serendaian adalah jenis rumput laut yang tajam. Lalu, kakak beradik tersebut langsung mengambil serendaian. Dibelahnyalah semangka itu. Ternyaa di dalam semangka raksasa itu ada ibunya. Ibunya mengira bahwa ia sudah lama ertidur, namun sang anak menjelaskan bahwa ibu bukan tidur melainkan hendaki perbuatannya. Akhrnya mereka berkumpul kembali.

2. Analisis Struktur aktan dan model fungsional cerita Batu Belah Batu Bertangkup

a. Struktur aktan








Keinginan ibu makan daging rusa


daging rusa


Ibu




kesalahpahaman

anak

Belalang rusa

Pada bagan di atas dapat dijelaskan bahwa keinginan sang ibu untukmakan daging rusa berperan sebagai pengirim. Selain sebagai pengirim, ibu berperan sebagai penerima. Oleh karena itu, ia meminta anaknya(subjek) untuk mendapatkan dan memasak daging rusa (objek). Sang anak tidak mendapatkan melainkan belalang rusa (penolong). Ibunya mengira bahwa anaknya mendapatkan daging rusa, maka terjadilah kesalahpahaman. Ibu merasa anaknya tidak sayang padanya karena telah membohonginya (penentang).

b. Model fungsional

Analisis model fungsional dalam ceroita ini ada tiga tahap. Yaitu tahap awal, tahap transformasi dan tahap akhir. Berikut penjelasan dalam table dibawah ini.

I


II


III

Situasi awal

Tahap kecakapan

Tahap utama

Tahap kegemilangan

Situasi akhir

Cerita dimulai dari keinginan ibu untuk bunuh diri

Adanya keberangkatan ibu untuk pergi ke temat orang-orang bunuh diri, yaitu batu belah batu bertangkup. Namun, anaknya melarang. Mereka tidak ingin ibunya bunuh diri

Akhirnya sang ibu bunuh diri dijepit batu belah batu bertangkup. Hanya tinggal sehelai rambut . rambut itu diambil anaknya dan ditanam di halaman rumahnya.

Rambut tersebut tumbuh buah semangka. Ternyata di dalam semangka tersebut ada ibunya. Sang ibu menyesali oerbuatannya.

Akhirnya mereka hidupbersama lagi

Kesimpulan dan saran

Kesimpulan

Dari hasil analisis struktural dan model fungsional terhadap cerita Batu belah batu bertangkup. Cerita dari kecamatan Tulung selapan. Dalam cerita batu belah batu bertangkup, struktur aktannya sudah kompleks dan analisis model fungsional telah terpenuhi ketiga tahap-tahapnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa alur cerita Batu Belah bat brtangkup bisa dikatakan memenuhi structural da fungsional dari teori Greimas. Semua struktur aktan terpenuhi dan semua tahap dam model fungsional terpenuhi.

Saran

Analisis yang dilakukan ini barulah sampai pada struktur aktan dan model fungsional. Hal ini berarti bahwa penelitian ini baru sampai pada tahap analisis sintagmatig (sintaksis cerita), padahal dalam teori Greimas menyarankan bahwa analisis cerita tidak hanya pada unsure-unsur yang berfungsi dalam sintaksis saja, tetapi juga sampai pada para pelakunya (struktur luar). Oleh karena itu, studi semacam ini dapat dilanjutkan pada penelitian berikutnya.

Daftar Pustaka

Dananjaya, James. 1984. Folklor Indonesia: Ilmu, Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Finnangen.2009. Sastra Lisan, (Online), (http://www.thewann:bab .com, diakses tanggal 21 Febuari 2009)

Luxemburg, Van. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Nurlina. 2004.”Struktur Aktan dan Model Fungsional Teks Legenda dalam Cerita Rakyat Palembang.” Skripsi. Inderalaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Romsan.dkk. 1991. Sastra Lisan di Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir. Palembang: Pusat Penelitian Universitas Sriwijaya.

Catatan-catatan perbaikan:

Abstrak anta